Microsoft
Powerpoint Dan Microsoft Acces
Microsoft Power Point
A. Definisi
Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah salah satu program presentasi
yang popular pada saat ini. Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah
perangkat multimedia, presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms.
Power Point masyarakat bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan
menarik.
B. Toolbar Ms Power
Point
Toolbar pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat
pengaktifan perangkat bantu daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya
kita ingin menyimpan dokumen, maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses
menu File kemudian di item Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik
tombol bergambar disket.
Kelompok toolbar:
a. Standard,
berisi tombol-tombol yang digunakan untuk aktifitas penyuntingan
b. Formtting,
berisi tombol-tombol yang digunakan untuk format dokumen
c. Control
Toolbox, berisi control-kontrol masukkan seperti text box
d. Drawing,
berisi kontrol-kontrol untuk menggambar.
e. Outlining,
berisi tombol-tombol mengatur outlining
f. Picture,
berisi tombol-tombol mengatur tata letak gambar
g. Reviewing,
berisi tombortl-tombol berhubungan pelacakan dokumen
h. Revisions,
menampilkan panel yang berisi pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada
slide.
i. Table and
Borders, berisi tombol-tombol mengatur tata letak tabel
j. Task Pane,
menmpilkan atau menyembunyikan Task Pane
k. Web, berisi
kontrol-kontrol web browser
l. WordArt,
berisi tombol-tombol mengaktifkan firtur wordart
Presentasi Sederhana
A. Mengakses program
Ms. Power Point
Dalam mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan
cara yang berbeda. Ada 3 cara untuk mengaksesnya :
1. Dengan menklik
tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office,
kemudian klik Microsoft Office Power point.
2. Klik icon
shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
3. Mengklik salah
satu document Power Point yang ada di laptop/computer.
B. Membuka File
Presentasi
1. Setelah membuka
Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol pada
keyboard CTRL + O
2. Pilih dan Klik
look in
3. Cari letak
dokumen presentasi yang akan dibuka
4. Pada File Name
ketikan nama file yang di inginkan
5. Klik open.
C. Background Objek
Teks
1. Klik view, klik
slide/ klik tombol tampilan slide view
2. Pilihlah slide yang diinginkan
3. Untuk motif
belakang, klik format, klik color & lines
4. Pilih color, klik fill effects
5. Pilihlah warna yang diinginkan
Untuk mendapatkan gambar atao foto yang diinginkan, harus
menyimpan foto atau gambar ru terlebih dulu di suatu folder, setelah itu cari
letak dan buka folder berisi gambar atau foto itu.
D. Menyisipkan
Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan transisi
a. Menyisipkan
Objek
Untuk menyisipkan objek gambar (clipart/picture), dapat
dilakukan dengan cara:
1. Melalui kotak
dialog New Slide, klik text & clipart
2. Melalui menu
insert klik clipart
3. Melaluiicon
Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada dibawa
4. Kemudian pilih
gambar yang diinginkan
b. Audio &
Video
Untuk memberikan efek audio dan video dalam Ms Power point:
1. Buet terlebih
dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
2. Blok salah satu
petunjuk nafigasi
3. Klik kanan
mouse pada dalam daerah yang telah di blok
4. Pilih icon
Action Setting..
5. Klik Hyperlink
to..
6. Pilih other
file..
7. Cari folder
dimana film itu didimpan.
8. Klik ok.
Presentasi Bernavigasi
A. Mengabungkan
Dokumen Presentasi Hyperlink
Jika kita punya atau telah membuat beberapa slide presentasi
dan kita akan menggabungkannya untuk empermudah cara [enyampaian presentasi di
perlukan suatu nafigasi yang baik.
Penggabungan beberapa slide/ beberpa document yang sama /
berbeda dapat dilakukan dengan cara:
1. Klik slide show
2. Pilih Action
Button
3. Pilihlah bentuk
Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
4. Jika berukpa
teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan pilih Action Settings
5. Pilih Hyperlink
to..
6. Jika yang akan
ditampilkan berupa slide, pilih slide
7. Jika yang akan
ditampilkan berupa file yang berbeda, klikOther file, cari folder letak dari
file/dokumen yang akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
8. Jika ingin
mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to.. pilih dan klik
End Show.
B. Tabel
Kita dapat membuat tabel dengan beberapa cara melalui kotak
dialog New Slide, Tool bar standars atau menu insert.
Cara membuat tabel:
1. Aktifkan file
presentasi yang ingin disisipkan tabel
2. Klik insert,
klik Table
3. Atau klik pada format,
lalu klik Slide Layout,
4. Pilih tabel
C. Grafik
Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik format,
2. Pilih dan klik
Slide Layout yang diinginkan
3. Klik double
klik pada tanda chart di tengah slide
4. Klik insert
5. Pilih dan klik
chart
6. Pilih grafiknya
dan masukan datanya
D. Diagram
Langkah-langkah memasukkan diagram ke Microsoft power Point:
1. Klik insert,
pilih dan klik Slide Layout
2. Pilih Slide
Layoutyang diinginkan
3. Klik insert,
klik diagram
4. Pilih dan klik
diagram yang mana yang diingikan
5. Klik insert
shape, pilih yang diinginkan
6. Pilih layout
diagram yang diinginkan
7. Pilih design
diagramnya
8. Input
data-datanya ke diagram
Menggabungkan data lain dan membuat paket dan cetakan
presentasi
A. Mencetak
slide
1. Pengaturan
Slide format percetakan
Sebelum melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu
dilakukan, seperti:
a. Menentukan
ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
b. Member nomor
pada slide
c. Oriendasi
percetakan (landscape atau portrait)
Prosedur yang harus dikerjakan:
1. Tampilkan file
presentasi dalam tampilan slide show
2. Klik menu file
lalu klik page up
3. Klik panah
bawah pada kotak Slides sized For..:
- On screen
show, menentukan ukuran slide yang dicetak seperti tampilan pada layar
- Letter paper (8,5x11inc),
- A4 paper
(210x297mm)
- 35mm
- Custom
4. Pilih dan klik yang diinginkan
5. Tentukan tinggi
lebarnya slide pembagian width dan height
6. Tentukan nomor
awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
7. Klik pilihan
orientasi pencetakan slide pada bagian slides
8. Klik pilihan
orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian Notes,
Handouts & Outline
9. Klik ok untuk
konfirmasi
2. Pencetakan
Slide ke Printer
Setelah melakukan format slide yang akan dicetak, sekarang dapat
mencetak melalui printer.:
a. Aktifkan file
presentasi yang akan di print
b. Klik menu file
lalu pilih Print
c. Klik panah
bawah bagian printer untuk memilih jenis printer
d. Tentukan
halaman yang akan dicetak pada bagian Print Range:
o All
o Current slide
o Slide
e. Klik panah
atas atau bawah untuk menentukan jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
f. Klik panah
bawah pada bagian Print What untuk menentukan yang akan dicetak
g. Tentukan
pilihan pencetakan yang lain
h. Klik ok.
Microsoft Acces
Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis
kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga
digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk
membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi
data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web
dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet
Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft http://id.wikipedia.org/wiki/Active_Server_Pages”>Active
Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan,
mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih
tinggi.
Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan
Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai
Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa
untuk sebuahhttp://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer”>program
yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer”>jaringan sehingga
aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan
solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun
demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic)
yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya
diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet
Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access),
Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang
mendukung ODBC.
MEMULAI
MICROSOFT ACCESS
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara
Task bar Windows 95 – 2003 yaitu dimulai dengan tombol Start – Program – Pilih
– Program MS-Access
LEMBAR KERJA
MS- ACCESS
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access
maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base
baru dengan dua cara
1. Blank Access
Database
2. Access database
Wizards. Pages end Projects dan adalagi pilihan yang disediakan yaitu
3. Open Existing
File.
Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat
pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option
pada menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS
Access.
Pilihan
Keterangan
Blank Access DataBase
Digunakan untuk membuat data base baru yg masih kosong dan
Anda dapat menambahkan Obyek tabel, query, Form, Report, dan Obyel lainnya.
Blank Data Access Page
Dipakai untuk membuat data base baru yang diberikan oleh MS
Access secara bertahap
Project Existing Data
Diapaki untuk membuat data base baru berdasarkan tuntunan
yang diberikan oleh microsoft access.
Open end existing file
Dipakai untuk membuka file database yang telah dibuat
sebelumnya
MEMBUKA FILE
DATABASE
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang
pernah dibuat dan disimpan sebelumnya selain membuka jendela database yang
pernah dibuat sebelumnya Anda bisa membuka jendela database baru yang masih
kosong caranya dengan memberi perintah Klik menu file pilih New atau pada
Toolbars klik tombol new seperti berikut dibagian Toolbars sedang file database
yang pernah Anda buat dan disimpan dapat dibuka kembali pada saat dibutuhkan
apabila Anda membuka jendela database baru maka jendela database yang terbuka
sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih dari
satu file database.
Untuk membuka file database dapat menggunakan salah satu
cara berikut:
1. Pilih Open dari
menu file
2. Klik tombol Open
yang ada pada bagian toolbars pada database
3. Tekan tombol
Shorcut Key , Ctrl + O
MENUTUP FILE
DATABASE
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS
Access maka sebelum menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda buka
untuk menutup file database salah satu langkah. Berikut:
1. Klik Menu File
pilih Close
2. Klik Icon
control Menu yang terletak disudut kiri atas pilih Close
3. Klik ganda pada
icon control menu yang terletak di bagian sudut kiri atas dari jendela
database.
4. Tekan tombol
kombinasi shorcut Key Ctrl + F4 atau Ctrl + W
5. Tekan Tombol
Close yang ada dibagian sudut kanan atas dari jendela database
MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKAN PROYEK MEMBUAT PROGRAM
PENERIMAAN SISWA BARU
2. Buka aplikasi Microsoft Access
3. Klik File New
4. Pilih Blank
Database
5. Create nama file
database
I. Membuat Tabel
Buat tabel dengan create table in design view
Klik 2 x sehingga terbuka jendela seperti dibawah ini
Masukan nama-nama field
Tentukan primary Key (Contoh :No_pendf)
Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh : daftar) kemudian
klik OK
Hasil dari pembuatan tabel sebagai berikut, seperti gambar
dibawah
II. Membuat
Queries
Klik Queries pada bagian objects
Klik 2 x Create query in Design view sama seperti membuat
table
Akan tampil daftar queries
Pilih nama table dalam daftar Show Table kemudian klik Add
Klik 2 x nama field yang ada pada tabel daftar sehingga
namanama field tersebut tersimpan dalam dafatra queries.
Pada kolom Jml_nilai masukan rumus pembobotan setiap mata
pelajaran. Pembobotan dibuat sesuai aturan yang ada. Contoh PPKn, Bah_ind, IPS
dikalikan 1, IPA, Matemt dikalikan 4 dan Bah_ing dikalikan 3.
Buat Rumus untuk Nilai x bobot
Kemudian klik tombol close pada sudut kanan atas,
III. Membuat
Form
Klik Form pada Objects. Klik 2 x Create form by using wizard
akan tampil form wizard
Pada Tables/Queries pilih Table : daftar kemudian Pindahkan
semua field Available field ke Selected Fields dengan menekan tombol
Kemudian klik
Berikan nama form yang akan kita buat (contoh : daftar)
Kemudian Klik Finish
IV. Mengatur
Form
Buka form daftar
Buatkan Header Form dengan mengklik icon akan tampil :
Drag bar antar Form Header dan Detail sehingga terbentuk
satu baris kosong
Isikan Kata “PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN 2004”
Untuk mengisi Form Header klik. Kemudian klik daerah Form
Header dan Ketikkan kata-kata diatas. Untuk mengedit letak label klik 2 x label��geser letak. Label keposisi
yang Anda Inginkan.
Pada field Jml_nilai masukan rumus penjumlahan semua nilai
dengan mengklik 2 x field Jml_nilai sebelah kanan
Edit Control Source dengan memasukan rumus klik akan muncul
jendela Expression Builder Klik 2 x akan tampil.
Masukan rumus yang kita rencanakan
Untuk menuliskan rumus cukup dengan mengklik 2 x nama field
yang berada di form contohnya field PPKn simbol matematika yang kita gunakan
tinggal klik yg ada pada bagian bawah ruang rumus.
Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan
atas Text Box
Buat Rumus jumlah nilai kali bobot setiap mata pelajaran
dengan mengkilk 2 x field Jml_x_bbt
Langkahnya sama dengan cara memasukan rumus pada Jml_nilai
Masukan rumus pada pada jendela Expression Builder
Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan
atas Text Box
Setelah semua rumus selesai klik datasheet view
Sekarang kita dapat memasukan data yang ada
MENGGUNAKAN MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA
MASUKAN
INPUT DATA RECORD
Setelah mengatur semua ketentuan dalam sebuah desain table
adalah memasukan data Record yang dapat dilakukan dengan memalui jendela Data
Sheet View dari sebuah table selain itu dapat juga melakukan proses Editting
dengan menyunting data yaitu proses penambahan data record , memindah data
Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.
A. Memasukan data Record
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Pada jendela
data base pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukan .
2. Untuk membuka
jendela Data Sheet dari tabel tersebut perintahnya adalah:
Tekan Tombol Open
Tekan tombol enter
Klik Ganda pada nama tabel
Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open dari menu
yang tampil
3. Setelah Anda
jalan salah satu perintah tersebut diatas maka akann tampil sebuah jendela data
Sheet dari sebuah tabel yang masih kosong.
4. Anda dapat
lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda berikan
pada jendela desain View
Setelah selesai entry maka kita dapat melihat data pada
queries seperti diatas.
MENG-UPDATE DATA
A. Menentukan Kapan Tabel Baru Dibutuhkan
Satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan. Bersama
waktu, kebutuhan dan minat Anda berubah seiring Anda bertumbuh dan berkembang.
Sebuah informasi yang pernah sangat penting bisa saja sekarang berubah menjadi
tidak diperlukan atau malah mengganggu, sementara informasi yang tidanya tidak
berguna sama sekali bias berubah menjadi informasi penting. Seiring
meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau bisnis, Anda mungkin perlu menata
ulang atau mendistribusikan ulang informasi tersebut untuk mencatatnya. Anda
mungkin tahu bahwa Anda harus membeli rak baru, folder file baru, atau bahkan
satu set kabinet file baru untuk menampung bidang yang anda minati. Hal yang sama
terjadi pada database Anda.
I. Memilih field dan Record
Anda harus memikih data yang ada sebelum melakukan
editingpada sebuah jendela data sheet untuk emilih data atau record pada sebuah
jendela data sheet dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa cara untuk
lebih jelasnya lihat pada daftar dibawah ini
Untuk memilih
Perintah
• Sebuah sel
Klik pada posisi sel tersebut
• Beberapa sel
Drag drop pointer pada sisi kiri sel terbut sampai melintasi
bebrapa sel yang ingin Anda pilih
• Sebuah Kolom
Klik pada pisisi celektor Kolom
• Beberapa Kolom
Drag drop Pointer pada pisisi celektor Kolom
• Sebuah record
Klik pada pisisi celektor baris
• Bebrapa record
Drag drop Pointer pada pisisi celektor baris
• Semua Record
• Klik tombol select all yang ada pada selector baris
• Pilih perintah select All Record dari menu Edit
• Tekan kombinasi tombol Ctrl + A
MELAKUKAN DELETE
DATA
A. Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada
tampilan data Sheetview . Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai
berikut :
1. Didalam jendela
data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah
berikut :
Pilih perintah menu Delete dari menu Edit
Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,
Tekan Tombol Del yang ada di Keyboard atau,
Klik Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan
menu yang tampil plih perintah delete Record.
2. Setelah Anda
berikan salah satu perintah diatas maka akan tampil kotak Konfirmasi pilih Yes
apabila Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin membatalkan
proses penghapusan.
MENGECEK HASIL
ENTRY DATA
Setelah data
dimasukkan program database diperiksa proses pemindahan dan pemasukan data
apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja
Memilah hasil
pemindahan dan pemasukan data sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
Mengidentifikasi keberhasilan pemindahan dan pemasukan data kedalam
program data
base dari file data ke media penyimpan data
0 komentar:
Posting Komentar