Minggu, 15 September 2013

Microsoft Powerpoint Dan Microsoft Acces
Microsoft Power Point
A.   Definisi Microsoft  Power Point
Microsoft Power Point adalah salah satu program presentasi yang popular pada saat ini. Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah perangkat multimedia, presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms. Power Point masyarakat bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan menarik.
B.   Toolbar Ms Power Point
Toolbar pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat pengaktifan perangkat bantu daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya kita ingin menyimpan dokumen, maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses menu File kemudian di item Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik tombol bergambar disket.
Kelompok toolbar:
a.       Standard, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk aktifitas penyuntingan
b.      Formtting, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk format dokumen
c.       Control Toolbox, berisi control-kontrol masukkan seperti text box
d.      Drawing, berisi kontrol-kontrol untuk menggambar.
e.       Outlining, berisi tombol-tombol mengatur outlining
f.       Picture, berisi tombol-tombol mengatur tata letak gambar
g.      Reviewing, berisi tombortl-tombol berhubungan pelacakan dokumen
h.      Revisions, menampilkan panel yang berisi pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada slide.
i.        Table and Borders, berisi tombol-tombol mengatur tata letak tabel
j.        Task Pane, menmpilkan atau menyembunyikan Task Pane
k.      Web, berisi kontrol-kontrol web browser
l.        WordArt, berisi tombol-tombol mengaktifkan firtur wordart
Presentasi Sederhana
A.   Mengakses program Ms. Power Point
Dalam mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan cara yang berbeda. Ada 3 cara untuk mengaksesnya :
1.     Dengan menklik tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Power point.
2.     Klik icon shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
3.     Mengklik salah satu document Power Point yang ada di laptop/computer.
B.   Membuka File Presentasi
1.     Setelah membuka Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol pada keyboard CTRL + O
2.     Pilih dan Klik look in
3.     Cari letak dokumen presentasi yang akan dibuka
4.     Pada File Name ketikan nama file yang di inginkan
5.     Klik open.
C.   Background Objek Teks
1.     Klik view, klik slide/ klik tombol tampilan slide view
2.     Pilihlah slide yang diinginkan
3.     Untuk motif belakang, klik format, klik color & lines
4.     Pilih color, klik fill effects
5.     Pilihlah warna yang diinginkan
Untuk mendapatkan gambar atao foto yang diinginkan, harus menyimpan foto atau gambar ru terlebih dulu di suatu folder, setelah itu cari letak dan buka folder berisi gambar atau foto itu.
D.   Menyisipkan Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan transisi
a.     Menyisipkan Objek
Untuk menyisipkan objek gambar (clipart/picture), dapat dilakukan dengan cara:
1.     Melalui kotak dialog New Slide, klik text & clipart
2.     Melalui menu insert klik clipart
3.     Melaluiicon Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada dibawa
4.     Kemudian pilih gambar yang diinginkan
b.     Audio & Video
Untuk memberikan efek audio dan video dalam Ms Power point:
1.     Buet terlebih dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
2.     Blok salah satu petunjuk nafigasi
3.     Klik kanan mouse pada dalam daerah yang telah di blok
4.     Pilih icon Action Setting..
5.     Klik Hyperlink to..
6.     Pilih other file..
7.     Cari folder dimana film itu didimpan.
8.     Klik ok.
Presentasi Bernavigasi
A.   Mengabungkan Dokumen Presentasi Hyperlink
Jika kita punya atau telah membuat beberapa slide presentasi dan kita akan menggabungkannya untuk empermudah cara [enyampaian presentasi di perlukan suatu nafigasi yang baik.
Penggabungan beberapa slide/ beberpa document yang sama / berbeda dapat dilakukan dengan cara:
1.     Klik slide show
2.     Pilih Action Button
3.     Pilihlah bentuk Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
4.     Jika berukpa teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan pilih Action Settings
5.     Pilih Hyperlink to..
6.     Jika yang akan ditampilkan berupa slide, pilih slide
7.     Jika yang akan ditampilkan berupa file yang berbeda, klikOther file, cari folder letak dari file/dokumen yang akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
8.     Jika ingin mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to.. pilih dan klik End Show.
B.   Tabel
Kita dapat membuat tabel dengan beberapa cara melalui kotak dialog New Slide, Tool bar standars atau menu insert.
Cara membuat tabel:
1.     Aktifkan file presentasi yang ingin disisipkan tabel
2.     Klik insert, klik Table
3.     Atau klik pada format, lalu klik Slide Layout,
4.     Pilih tabel
C.   Grafik
Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.     Klik format,
2.     Pilih dan klik Slide Layout yang diinginkan
3.     Klik double klik pada tanda chart di tengah slide
4.     Klik insert
5.     Pilih dan klik chart
6.     Pilih grafiknya dan masukan datanya
D.   Diagram
Langkah-langkah memasukkan diagram ke Microsoft power Point:
1.     Klik insert, pilih dan klik Slide  Layout
2.     Pilih Slide Layoutyang diinginkan
3.     Klik insert, klik diagram
4.     Pilih dan klik diagram yang mana yang diingikan
5.     Klik insert shape, pilih yang diinginkan
6.     Pilih layout diagram yang diinginkan
7.     Pilih design diagramnya
8.     Input data-datanya ke diagram

Menggabungkan data lain dan membuat paket dan cetakan presentasi
A.       Mencetak slide
1.     Pengaturan Slide format percetakan
Sebelum melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu dilakukan, seperti:
a.     Menentukan ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
b.     Member nomor pada slide
c.      Oriendasi percetakan (landscape atau portrait)
Prosedur yang harus dikerjakan:
1.     Tampilkan file presentasi dalam tampilan slide show
2.     Klik menu file lalu klik page up
3.     Klik panah bawah pada kotak Slides sized For..:
-         On screen show, menentukan ukuran slide yang dicetak seperti tampilan pada layar
-         Letter paper (8,5x11inc),
-         A4 paper (210x297mm)
-         35mm
-         Custom
4.     Pilih dan klik yang diinginkan
5.     Tentukan tinggi lebarnya slide pembagian width dan height
6.     Tentukan nomor awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
7.     Klik pilihan orientasi pencetakan slide pada bagian slides
8.     Klik pilihan orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian Notes, Handouts & Outline
9.     Klik ok untuk konfirmasi
2.     Pencetakan Slide ke Printer
Setelah melakukan format slide yang akan dicetak, sekarang dapat mencetak melalui printer.:
a.     Aktifkan file presentasi yang akan di print
b.     Klik menu file lalu pilih Print
c.      Klik panah bawah bagian printer untuk memilih jenis printer
d.     Tentukan halaman yang akan dicetak pada bagian Print Range:
o   All
o   Current slide
o   Slide
e.      Klik panah atas atau bawah untuk menentukan jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
f.       Klik panah bawah pada bagian Print What untuk menentukan yang akan dicetak
g.     Tentukan pilihan pencetakan yang lain
h.     Klik ok.
Microsoft Acces
Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft http://id.wikipedia.org/wiki/Active_Server_Pages”>Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuahhttp://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer”>program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer”>jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (form, report, query, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.
         MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2003 yaitu dimulai dengan tombol Start – Program – Pilih – Program MS-Access
         LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara
1.    Blank Access Database
2.    Access database Wizards. Pages end Projects dan adalagi pilihan yang disediakan yaitu
3.    Open Existing File.
Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS Access.
Pilihan
Keterangan
Blank Access DataBase
Digunakan untuk membuat data base baru yg masih kosong dan Anda dapat menambahkan Obyek tabel, query, Form, Report, dan Obyel lainnya.
Blank Data Access Page
Dipakai untuk membuat data base baru yang diberikan oleh MS Access secara bertahap
Project Existing Data
Diapaki untuk membuat data base baru berdasarkan tuntunan yang diberikan oleh microsoft access.
Open end existing file
Dipakai untuk membuka file database yang telah dibuat sebelumnya
         MEMBUKA FILE DATABASE
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan disimpan sebelumnya selain membuka jendela database yang pernah dibuat sebelumnya Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong caranya dengan memberi perintah Klik menu file pilih New atau pada Toolbars klik tombol new seperti berikut dibagian Toolbars sedang file database yang pernah Anda buat dan disimpan dapat dibuka kembali pada saat dibutuhkan apabila Anda membuka jendela database baru maka jendela database yang terbuka sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih dari satu file database.
Untuk membuka file database dapat menggunakan salah satu cara berikut:
1.    Pilih Open dari menu file
2.    Klik tombol Open yang ada pada bagian toolbars pada database
3.    Tekan tombol Shorcut Key , Ctrl + O
         MENUTUP FILE DATABASE
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda buka untuk menutup file database salah satu langkah. Berikut:
1.    Klik Menu File pilih Close
2.    Klik Icon control Menu yang terletak disudut kiri atas pilih Close
3.    Klik ganda pada icon control menu yang terletak di bagian sudut kiri atas dari jendela database.
4.    Tekan tombol kombinasi shorcut Key Ctrl + F4 atau Ctrl + W
5.    Tekan Tombol Close yang ada dibagian sudut kanan atas dari jendela database
         MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKAN PROYEK MEMBUAT PROGRAM PENERIMAAN SISWA BARU
2.    Buka aplikasi Microsoft Access
3.    Klik File New
4.    Pilih Blank Database
5.    Create nama file database
I.   Membuat Tabel
Buat tabel dengan create table in design view
Klik 2 x sehingga terbuka jendela seperti dibawah ini
Masukan nama-nama field
Tentukan primary Key (Contoh :No_pendf)
Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh : daftar) kemudian klik OK
Hasil dari pembuatan tabel sebagai berikut, seperti gambar dibawah
II.            Membuat Queries
Klik Queries pada bagian objects
Klik 2 x Create query in Design view sama seperti membuat table
Akan tampil daftar queries
Pilih nama table dalam daftar Show Table kemudian klik Add
Klik 2 x nama field yang ada pada tabel daftar sehingga namanama field tersebut tersimpan dalam dafatra queries.
Pada kolom Jml_nilai masukan rumus pembobotan setiap mata pelajaran. Pembobotan dibuat sesuai aturan yang ada. Contoh PPKn, Bah_ind, IPS dikalikan 1, IPA, Matemt dikalikan 4 dan Bah_ing dikalikan 3.
Buat Rumus untuk Nilai x bobot
Kemudian klik tombol close pada sudut kanan atas,
III.          Membuat Form
Klik Form pada Objects. Klik 2 x Create form by using wizard akan tampil form wizard
Pada Tables/Queries pilih Table : daftar kemudian Pindahkan semua field Available field ke Selected Fields dengan menekan tombol
Kemudian klik
Berikan nama form yang akan kita buat (contoh : daftar)
Kemudian Klik Finish
IV.          Mengatur Form
Buka form daftar
Buatkan Header Form dengan mengklik icon akan tampil :
Drag bar antar Form Header dan Detail sehingga terbentuk satu baris kosong
Isikan Kata “PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN 2004”
Untuk mengisi Form Header klik. Kemudian klik daerah Form Header dan Ketikkan kata-kata diatas. Untuk mengedit letak label klik 2 x label��geser letak. Label keposisi yang Anda Inginkan.

Pada field Jml_nilai masukan rumus penjumlahan semua nilai dengan mengklik 2 x field Jml_nilai sebelah kanan
Edit Control Source dengan memasukan rumus klik akan muncul jendela Expression Builder Klik 2 x akan tampil.
Masukan rumus yang kita rencanakan
Untuk menuliskan rumus cukup dengan mengklik 2 x nama field yang berada di form contohnya field PPKn simbol matematika yang kita gunakan tinggal klik yg ada pada bagian bawah ruang rumus.
Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
Buat Rumus jumlah nilai kali bobot setiap mata pelajaran dengan mengkilk 2 x field Jml_x_bbt
Langkahnya sama dengan cara memasukan rumus pada Jml_nilai
Masukan rumus pada pada jendela Expression Builder
Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
Setelah semua rumus selesai klik datasheet view
Sekarang kita dapat memasukan data yang ada
MENGGUNAKAN MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA
MASUKAN
  INPUT DATA RECORD
Setelah mengatur semua ketentuan dalam sebuah desain table adalah memasukan data Record yang dapat dilakukan dengan memalui jendela Data Sheet View dari sebuah table selain itu dapat juga melakukan proses Editting dengan menyunting data yaitu proses penambahan data record , memindah data Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.
A. Memasukan data Record
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.    Pada jendela data base pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukan .
2.    Untuk membuka jendela Data Sheet dari tabel tersebut perintahnya adalah:
Tekan Tombol Open
Tekan tombol enter
Klik Ganda pada nama tabel
Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open dari menu yang tampil
3.    Setelah Anda jalan salah satu perintah tersebut diatas maka akann tampil sebuah jendela data Sheet dari sebuah tabel yang masih kosong.
4.     Anda dapat lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda berikan pada jendela desain View
Setelah selesai entry maka kita dapat melihat data pada queries seperti diatas.
  MENG-UPDATE DATA
A. Menentukan Kapan Tabel Baru Dibutuhkan
Satu-satunya hal yang konstan adalah perubahan. Bersama waktu, kebutuhan dan minat Anda berubah seiring Anda bertumbuh dan berkembang. Sebuah informasi yang pernah sangat penting bisa saja sekarang berubah menjadi tidak diperlukan atau malah mengganggu, sementara informasi yang tidanya tidak berguna sama sekali bias berubah menjadi informasi penting. Seiring meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau bisnis, Anda mungkin perlu menata ulang atau mendistribusikan ulang informasi tersebut untuk mencatatnya. Anda mungkin tahu bahwa Anda harus membeli rak baru, folder file baru, atau bahkan satu set kabinet file baru untuk menampung bidang yang anda minati. Hal yang sama terjadi pada database Anda.
I. Memilih field dan Record
Anda harus memikih data yang ada sebelum melakukan editingpada sebuah jendela data sheet untuk emilih data atau record pada sebuah jendela data sheet dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa cara untuk lebih jelasnya lihat pada daftar dibawah ini
Untuk memilih
Perintah
• Sebuah sel
Klik pada posisi sel tersebut
• Beberapa sel
Drag drop pointer pada sisi kiri sel terbut sampai melintasi bebrapa sel yang ingin Anda pilih
• Sebuah Kolom
Klik pada pisisi celektor Kolom
• Beberapa Kolom
Drag drop Pointer pada pisisi celektor Kolom
• Sebuah record
Klik pada pisisi celektor baris
• Bebrapa record
Drag drop Pointer pada pisisi celektor baris
• Semua Record
• Klik tombol select all yang ada pada selector baris
• Pilih perintah select All Record dari menu Edit
• Tekan kombinasi tombol Ctrl + A
  MELAKUKAN DELETE DATA
A. Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data Sheetview . Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :
1.    Didalam jendela data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah berikut :
Pilih perintah menu Delete dari menu Edit
Tekan tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,
Tekan Tombol Del yang ada di Keyboard atau,
Klik Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan menu yang tampil plih perintah delete Record.
2.    Setelah Anda berikan salah satu perintah diatas maka akan tampil kotak Konfirmasi pilih Yes apabila Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin membatalkan proses penghapusan.
  MENGECEK HASIL ENTRY DATA
      Setelah data dimasukkan program database diperiksa proses pemindahan dan pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja
      Memilah hasil pemindahan dan pemasukan data sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
      Mengidentifikasi keberhasilan pemindahan dan pemasukan data kedalam
      program data base dari file data ke media penyimpan data


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger